Polda Kalbar Gelar Pasukan Mantap Praja Kapuas 2024 Siap Amankan Pilkada Serentak

BERITA, KEPOLISIAN, LOKAL22 Dilihat

SEPUTARKUBURAYA.COM, Pontianak,Polda Kalbar, – Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Polda Kalimantan Barat menggelar apel gelar pasukan di Alun-alun Kapuas. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K., M.H., ini menandai dimulainya Operasi Mantap Praja Kapuas 2024. Senin,(25/08)

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri PJ Gubernur Kalimantan Barat, serta Forkopimda terkait dalam kegiatan ini, Apel gelar pasukan juga dihadiri kurang lebih 1369 Personel dari berbagai satgas Operasi Mantap Praja Kapuas 2024.

Kabidhumas Polda Kalbar, Kombespol Raden Petit Wijaya kepada awak media menyampaikan tujuan dalam apel tersebut merupakan dimulainya tanda operasi Mantap Praja 2024 berlangsung, Dalam apel tersebut, ribuan personel berbaris rapi dengan perlengkapan lengkap. Mereka berasal dari berbagai satuan, seperti Sabhara, Brimob, Intelkam dan satgas lain yang tergabung. Selain personel, berbagai jenis kendaraan taktis dan peralatan pendukung lainnya juga disiagakan.

“Kami telah mempersiapkan segala sesuatunya secara matang untuk menghadapi Pilkada 2024. Personel yang terlibat telah diberikan pelatihan khusus, sehingga mereka siap menghadapi segala bentuk tantangan,” Ujar Kabidhumas

Dalam amanatnya, Kapolda Kalbar menekankan pentingnya peran seluruh personel dalam menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada. “Operasi Mantap Praja Kapuas 2024 kita terjunkan 6241 personel dari Polda hingga Polres dan Polsek jajaran, ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif, sehingga seluruh masyarakat dapat memberikan hak suaranya dengan aman dan nyaman,” tegas Kapolda.

Selain itu, Kapolda juga memberikan arahan kepada seluruh personel agar bertindak secara profesional, proporsional, dan humanis dalam menjalankan tugas. “Jalinlah komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat, sehingga tercipta sinergi yang kuat dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” imbuhnya.