Dihantam ombak Kapal KM. SEMPURNA 7 GT. 56 Tenggelam

SEPUTARKUBURAYA.COM, KUBU RAYA – Peristiwa naas menimpa kapal KM. Karya Sampurna 7 GT. 56 pada titik koordinat 0°02’300″S – 109°06’800 BT di perairan Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya yang tenggelam akibat cuaca buruk Rabu (18/9/24) sekira pukul 04:00 WIB.

Kapolsek Sungai Kakap IPDA Dolas Zimmi Saputra Nainggolan, melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya AIPTU Ade, menjelaskan Bahwa KM. Karya Sampurna 7 sedang berlabuh Lego jangkar di perairan Sungai kakap pada titik koordinat 0°02’300″S – 109°06’800, sekitar pukul 04.30 WIB cuaca hujan lebat disertai gelombang tinggi menghantam lambung kapal bagian kiri dan kapal terbalik, pada saat itu diketahui jumlah ABK 15 orang, dan ABK selamat berjumlah 13 orang dan 2 belum diketemukan hingga pukul 08.00 Wib.

“Hujan lebat disertai gelombang tiba – tiba muncul dan menghantam lambung kapal, alhasil kapal yang ditumpangi 15 orang tersebut terbalik dan tenggelam,” jelas AIPTU Ade.

Aiptu Ade menuturkan, sejumlah ABK tersebut baru bisa dievakuasi pada pukul 05:00 WIB oleh KM Teguh Harapan 2 yang dinahkodai oleh Yudi membantu evakuasi ABK KM. Karya Sampurna 7 namun dari evakuasi tersebut Asmadi (22 th) dan Samsudin (27th) masih belum ditemukan dan kemudian nahkoda melaporkan kejadian tersebut kepada petugas pol AL Sungai Kakap dan Polsek Sungai Kakap.

“Kami menerima laporan tersebut dan ABK yang diselamatkan oleh KM Teguh harapan dijemput oleh pengurus menggunakan perahu nelayan masyarakat sungai kakap dan pada pukul 11.20 Wib, para ABK tiba di Posal Sungai Kakap,” tuturnya.

Ade mengatakan saat ini tim gabungan telah melakukan pencarian sedangkan ABK yang selamat diarahkan ke puskesmas untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan.

“Kami menghimbau mengingat cuaca ekstrim dalam beberapa hari ini untuk pengguna lalu lintas air agar berkordinasi dengan Syahbandar untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *