Pesan Kapolres Kubu Raya Dihari Peringatan Kesaktian Pancasila

BERITA22 Dilihat

SEPUTAR KUBURAYA.COM, KUBU RAYA – Polres Kubu Raya hari ini turut menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara berlangsung secara khidmat di lapangan Mapolres Kubu Raya. Upacara dipimpin langsung Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat,S.H., S.I.K,.

Peringatan hari kesaktian Pancasila dilakukan setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Secara garis besar peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang kembali jalannya sejarah di masa lalu dalam mempertahankan ideologi bangsa.

Upacara ini dihadir Wakapores Kubu Raya KOMPOL Hilman Malaini, S.H., S.I.K, PJU Polres Kubu Raya, Kapolsek jajaran, dan puluhan personil Polres Kubu Raya.

Ditemui usai kegiatan upacara, Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya AIPTU Ade mengatakan, Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dilakukan untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa gerakan 30 September atau lebih banyak dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

“Sejarah tentu tidak boleh dilupakan, namun tidak kalah penting adalah menghayati nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman bagi kami Kepolisian Republik Indonesia dan seluruh lapisan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” kata Ade dalam keterangannya, Minggu (1/10/23)..

Ade juga mengatakan, Kapolres Kubu Raya mengingatkan kepada seluruh personil Polres Kubu Raya untuk terus mengisi kemerdekaan dengan mengasah diri dengan kreativitas dan menambahkan wawasan hingga bisa turut andil dalam pembangunan nasional. Tak lupa, Bapak Kapolres juga mengingatkan personilnya untuk terus memupuk nasionalisme dan cinta tanah air, sehingga Polisi yang Presisi semakin baik dalam melayani masyarakat. Hal ini sesuai dengan tugas Kepolisian sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat.

” Namun kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini sedang mengalami banyak tantangan, menyongsong Pilpres 2024 kebhinekaan kita sedang diuji oleh pandangan, tindakan dan sikap intoleran. Hal ini diperparah dengan penyalahgunaan medsos yang banyak menggunakan hoaks, fitnah serta praktik adu domba sesama bangsa, ujarnya.

“Tema Hari Kesaktian Pancasila di tahun 2023 adalah Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju. Tema tersebut juga menjadi slogan acara upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur,” paparnya.

Ade melanjutkan, kita harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Polri akan mendukung pemerintah dalam menindak tegas setiap gerakan anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI dan anti Bhinneka Tunggal Ika.

” Zaman boleh berubah, arus globalisasi semakin maju, tapi dalam tubuh insan Bhayangkara wajib berpegang teguh pada Pancasila dan segenap nilai-nilai yang dikandungnya,” tegas Ade.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *