Wakapolda Kalbar Pimpin Langsung Rakor Bimteknis Kesiapan Polda Kalbar Dalam Rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota Tahun 2024

KEPOLISIAN58 Dilihat

SEPUTARKUBURAYA.COM, Pontianak, Polda Kalbar_ Bertempat di Hotel Mercure Pontianak Polda Kalbar melaksanakan Rapat Koordinasi dan Bimbingan teknis dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada serentak tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Barat. (Selasa, 14/5/2024)

Kegiatan Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis tersebut dibuka langsung oleh Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol Roma Hutajulu, S.IK., M.Si., dan dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Kalbar, Para Kapolres Jajaran Polda Kalbar serta pejabat utamanya dan Operator, Ketua KPU Provinsi Kalbar M.Syarifudin Budi, S.T, Koordinator Bawaslu Provinsi Kalbar Yosef Harry Suyadi, S.E, Kepala BPK RI Provinsi Kalbar Wahyu Priyono, S.E, M.M, Ak., CA., CSFA, Aspidum Kejati Provinsi Kalbar, Kepala Kesbangpol Provinsi Kalbar Drs. Manto, M.Si., serta Stakeholder terkait lainya.

Dalam sambutannya Wakapolda Kalbar menyampaikan bahwa saat ini telah resmi memasuki masa rangkaian tahapan Pilkada serentak tahun 2024 dan menekankan hal tersebut merupakan perhatian serta prioritas utama.

“Kita saat ini telah resmi memasuki rangkaian tahapan Pilkada serentak tahun 2024 yang secara resmi telah dibuka oleh KPU RI sejak tanggal 26 Januari 2024”

“Segala tahapan dan jadwal terkait penyelenggaraan Pilkada tercantum di dalam peraturan KPU no.2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal tentang pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.”

“Inilah yang menjadi dasar untuk kita pedomani bersama dalam rangka menyusun dan mempersiapkan Pengamanan Pilkada serentak yang tentunya menjadi perhatian dan prioritas utama.” Ungkap Brigjen Pol Roma Hutajulu.

Selain itu Wakapolda juga menyampaikan bahwa Pilkada serentak ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan Pemilu serentak Pilpres dan Pileg yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

“Pada dasarnya persiapan pengamanan Pilkada serentak ini tidak jauh berbeda dengan Pemilu serentak Pilpres dan Pileg yang lalu, namun yang menjadi pembeda adalah calon Kepala Daerah ini berasal dari daerah sendiri, atau merupakan Putra Daerah.”

“Sehingga setiap calon tersebut memiliki basis Pendukung dan dengan background tersendiri yang cenderung Fanatik dan membawa isu Primordialisme.”

“Hal tersebut dapat menimbulkan kerawanan tersendiri seperti Politik Identitas, Konflik Sosial, serta histori sengketa sehingga diperlukan antisipasi yang baik .” Lanjut Wakapolda Kalbar.

“Pilkada Kalbar yang pernah menimbulkan unjuk rasa Anarkis dan serta aksi-aksi lainya harus benar-benar diantisipasi dengan baik agar tidak terulang kembali.”

“Oleh karenanya dalam rangka melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024 di Kalimantan Barat, Polda Kalbar akan menggelar Operasi Kepolisian Mantap Praja dengan daerah Operasi meliputi seluruh wilayah Kalimantan Barat demi menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara dan tahapan-tahapan lainya terkait Pilkada Serentak tahun 2024.” tegas Wakapolda Kalbar.

Menutup sambutanya, Wakapolda Kalbar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap semua Pihak yang telah mendukung lancarnya tahapan Pilpres dan Pileg yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

“Saya ucapkan terima kasih terhadap semua Pihak yang telah mendukung lancarnya tahapan Pemilu serentak Pilpres dan Pileg yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.” Tutup Wakapolda Kalbar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *