Bag Psikologi Biro SDM Polda Kalbar Laksanakan Psikoedukasi Kesehatan Mental di Lingkungan Polri Serta Psikoedukasi Bullying di Lingkungan Sekolah

KEPOLISIAN28 Dilihat

PONTIANAK, POLDA KALBAR – Bag Psikologi Biro SDM Polda Kalbar melaksanakan giat Psikoedukasi tentang Kesehatan Mental pada personil Polri dan PNS Polri Polda Kalbar, dan Psikoedukasi tentang Bullying pada pelajar SMK Citra Borneo Sui Ambawang dan pelajar SMA Kemala Bhayangkari 1.

Kegiatan Psikoedukasi tersebut dipimpin oleh Kabag Psikologi Biro SDM Polda Kalbar AKBP Abdur Rosid, S.H., M.H., serta staf Bag Psikologi lainnya.

“Psikoedukasi kesehatan mental pada anggota Polri dan PNS Polri bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka, memperkuat kemampuan mereka dalam menangani tekanan pekerjaan, dan meningkatkan kualitas layanan yang mereka berikan kepada masyarakat,” ungkap Kabag Psikologi Biro SDM Polda Kalbar AKBP Abdur Rosid.

Selain itu, lanjut Rosid, kegiatan psikoedukasi diharapkan dapat Meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental membantu anggota Polri dan PNS Polri memahami pentingnya kesehatan mental, mengenali tanda-tanda stres, depresi, dan gangguan mental lainnya, serta memahami dampaknya terhadap kinerja dan kehidupan pribadi.

“Kami memberikan Psikoedukasi ini bertujuan untuk mengurangi stigma terkait masalah kesehatan mental di kalangan Polri, sehingga mereka lebih terbuka untuk mencari bantuan dan berbicara tentang masalah yang mereka hadapi tanpa takut akan penilaian negatif,” jelasnya.

Dilain itu, kegiatan psikoedukasi di lingkungan sekolah dan komunitas dengan mengembangkan kebijakan dan prosedur yang efektif untuk pencegahan dan penanganan bullying.

Psikoedukasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang dalam upaya mencegah bullying dan meningkatkan kesejahteraan individu serta komunitas secara keseluruhan.

“Kami memberikan Psikoedukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis, mengurangi dampak psikologis negatif pada korban bullying dengan menyediakan dukungan emosional dan psikologis yang memadai, serta menciptakan lingkungan yang mendukung pemulihan mereka,” jelas Kabag Psikologi Biro SDM Polda Kalbar.

AKBP Abdur juga mengatakan bahwa Polda Kalbar siap Meningkatkan kerjasama antara siswa, guru, orang tua, dan anggota komunitas untuk bersama-sama mencegah dan mengurangi insiden bullying secara keseluruhan, tujuan utama adalah mengurangi insiden bullying dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan harmonis bagi semua individu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *