Kuliah Kerja Nyata: Mahasiswa Tanjungpura Pontianak Mengukir Jejak di Sekolah At-Taqwa

BERITA10 Dilihat

SEPUTARKUBURAYA.COM, KUBU RAYA, KALBAR – Sebuah inisiatif penting dalam dunia pendidikan dan pemberdayaan masyarakat telah dijalankan oleh tujuh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Tanjungpura Pontianak. Dalam rangka melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mereka mengambil langkah menuju Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa, yang terletak di Kecamatan Sungai Kupah, Kabupaten Kubu Raya.

Dengan dipimpin oleh Ketua Kelompok, Muhammad Faqih, yang berasal dari Program Studi Ilmu Administrasi Publik, mahasiswa ini memiliki tujuan yang jelas dalam memberikan kontribusi langsung di bidang pendidikan kepada masyarakat setempat. Kehadiran mereka di sekolah tersebut menjadi sebuah wujud nyata dari komitmen dalam mengabdi kepada negeri.

Proses KKN tidak sekadar mengajar, tetapi juga melibatkan interaksi yang intens antara mahasiswa dengan siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa. Dalam lingkungan yang hangat dan penuh semangat, mereka saling bertukar pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan. Selain itu, mahasiswa juga turut membantu guru-guru sekolah dalam menyiapkan dan melaksanakan berbagai kegiatan pendidikan.

” Sebagai Ketua Kelompok KKN yang terlibat dalam kegiatan ini, saya merasa senang dan bersemangat untuk dapat berkontribusi langsung dalam dunia pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan masyarakat dan negara,”ungkapnya, Sabtu (9/3/23).

” Oleh karena itu, kami merasa bahwa menjadi bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kubu Raya khususnya di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa, dan ini sebuah tanggung jawab yang besar dan penting,”sambungnya.

” Melalui kegiatan KKN ini, kami tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan kepedulian sosial siswa-siswa sekolah. Kami percaya bahwa pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang membentuk pribadi yang berkualitas dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi,terang Faqih.

Langkah ini dianggap penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di daerah tersebut. Dengan adanya bantuan dari mahasiswa, diharapkan kualitas pembelajaran di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa dapat ditingkatkan secara signifikan. Hal ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih inspiratif dan mendukung perkembangan potensi setiap siswa.

” Kami berupaya untuk menjadi teladan bagi para siswa dalam hal semangat belajar, disiplin, dan sikap positif dalam menghadapi tantangan. Selain itu, kami juga berusaha untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, kreatif, dan inspiratif bagi mereka,”ucapnya.

Tidak hanya memberikan kontribusi dalam ruang kelas, mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan di luar sekolah, seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan sosial. Dengan demikian, mereka tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga menjadi mentor dan panutan bagi para siswa dalam berbagai aspek kehidupan.

” Kami sangat bersyukur atas dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh pihak sekolah, guru-guru, dan masyarakat sekitar. Tanpa bantuan dan partisipasi mereka, kami tidak akan bisa menjalankan kegiatan ini dengan baik,”ungkapnya.

Melalui KKN ini, mahasiswa FISIPOL Universitas Tanjungpura Pontianak tidak hanya mendapatkan pengalaman berharga dalam penerapan ilmu yang mereka pelajari, tetapi juga berkesempatan untuk turut serta dalam memajukan dunia pendidikan dan membangun masyarakat secara langsung. Dengan semangat penuh, mereka bersiap untuk menghadapi berbagai tantangan dan memberikan yang terbaik bagi pendidikan Indonesia.

” Kami berharap bahwa melalui kontribusi kami dalam kegiatan KKN ini, kami dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi siswa-siswa dan masyarakat Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa. Kami siap untuk terus berjuang dan bekerja keras dalam mendukung pembangunan pendidikan di Indonesia, serta menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama dalam upaya memajukan bangsa dan negara kita,”tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *